Rasanya
ingin sekali saya menghubungi owner PT ATRI tentang management perusahaannya yang
kacau. Dalam pemikiranku sepertinya owner PT ATRI dibutakan oleh tim
managementnya yang notabene orang kepercayaaan beliau. Mereka berbisnis tidak
pakai hati dan sangat ketinggalan.
Ada beberapa
hal yang perlu dibenahi dari PT ATRI, antara lain:
1. Sistem 3 pilar yg tidak efektif dalam koordinasi Sales,
2. Sistem promo BOOM yg ketinggalan dari
Industri Sale yg lain
3. Sistem keamanan yg notabene penting
justru di nomor terakhirkan
4. Sistem pengaturan Sales Target yg
tidak masuk akal
1 .Sistem
pilar yang tidak efektif
Contoh
kasus:
Seorang HOA
dituntut untuk memenuhi Sales Target oleh atasannya, apapun yang dilakukan HOA
tidak penting asal target sales masuk. Mati2an HOA mengejar target justru
terganjal oleh SOP, HOC bersikeras HOA dilarang melanggar SOP, sedang atasan
HOA tidak mau tahu apapun yg penting target masuk minimal 95% dari target Rp 12
M. Terjadi otot2an antara HOA dan HOC. HOA merasa HOC harusnya mendukung HOA
demi tercapainya target sales karena tercapainya target sales berarti pundi2
uang bisa disetor untuk kemudian menjaga kelangsungan seluruh karyawan termasuk
HOC juga yg hidup juga dari Sales Perusahaan. Sedang HOC berpikir dia digaji
oleh atasannya untuk mengawasi HOA, dia tidak merasa dia digaji dari hasil
sales, entah karena dia bloon atau memang baginya pilar HOC yg menentukan nasib
semuanya.
HOA di satu
pihak memahami kerja HOC yang menegakkan peraturan, di sisi lain HOA juga harus
berjuang bagaimana target sales tercapai apalagi tekanan dari pusat begitu
gencar. Pada akhirnya kendala justru dari pilar HOC.
Lalu,
seberapa penting peran HOC, kalo dipikirnya PT ATRI membayar dia bukan dari
hasil Penjualan, memangnya PT ATRI bergerak dibidang apa? Incomenya dari mana?
2. Sistem
PROMO yang expired/Kadaluarsa
Operator
Sales lain menggunakan bermacam cara untuk promo, tapi di ATRI masih pakai
potongan harga Rp 1000,- untuk harga misal Rp 20rb, KLASIK SEKALI. Padahal
masih banyak cara2 lain untuk promo, misal itu uang potongan bisa dirupakan
jadi barang, misalnya:
1 toko
pengambilan the hijau sampe level Rp 50 juta, berarti diskonnya Rp2,5 juta,
alih alih tuch duit dirupakan jadi TV Flat misalnya, kita rayu tokonya untuk
pengambilan Rp 50 jt dg hadiah TV Flat, percaya dech toko akan mengejar the
hijau kita, yg biasanya ambil sedikit bisa bisa ambil Rp50jt. Itu baru satu
contoh, masih banyak jalan menuju ke Roma eh Sales Target. Tapi sayangnya si
HOA males mengemukakan programnya, karena biasanya pihak yg di atas suka ingkar
janji, alih2 janji mau kasih bonus TV, ternyata ingkar lalu pemilik toko mengejar-ngejar
HOA, bisa bonyok HOA, mau barangnya laku di kemudian hari mesti keluar Rp2,5
juta atau tidak aka ada sales target lagi, padahal Rp 50 juta, per item Rp20 rb
dg potongan seribu sesuai program tentu ga beda kalo kita kasih TV Flat…. Ya
tapi itu contoh aja.
Lebih
menakutkan lagi kalo program diskon tidak disesuaikan dengan tersedianya barang
di gudang, bisa2 mubazir programnya karena biasanya anggota BOOM bikin program
mendadak ga pakai koordinasi dg orang di cabang.
3.Sistem
keamanan yang penting justru dianaktirikan
Sebuah
cabang yang menghasilkan Rp 9
milyard/bulan mengajukan penambahan security malam terutama malam minggu di
mana terkadang ada uang ratusan juta bahkan lebih 1 M terpaksa mengendap di
brankas karena belum sempat dimasukkan ke bank karena bank tutup.
Untuk
menambah 1 security perlu 1 tahun menunggu untuk disetujui dan itupun setelah
terjadinya peristiwa serangan beberapa orang yg mencoba merampok. Hampir semua
orang di cabang tidak bisa tidur memikirkan brankas.
4.Pengaturan
Sales Target yg tidak masuk akal
Seorang HOA
pejuang ditempatkan di cabang yg menghasilkan 6M per-bulan, setelah dia
menjalani kondisi lapangan dia menantang atasan bahwa dia bisa mengejar target
8M. dia bicara karena dia yakin setelah melihat kondisi lapangan, dan ternyata
benar, dalm 4 bulan setelahnya dia bisa menembus angka 9M per bulan
berturut-turut 4 bulan. Bulan berikutnya sales target dari 8M jadi 10M. dua
bulan berikutnya dia bisa mengejar level 10,1 M, tapi bulan ke 3, turun jadi
9,6M, dan bertahan dikisaran 9M saja.
Kemudian
saat meeting dia ditekan untuk MOU target naik menjadi 12M, dari 10M
sebelumnya.
Logikanya
10M aja bisa masuk 90% aja rata2 per tahunnya, lalu dinaikkan jadi 12M dengan
tuntutan 100% kalo tidak jangan harapkan insentif.
Si HOA hanya
menjawab siap, entah sudah pasrah atau entah dia masih menyimpan strategi,
nyatanya insentif adalah senjata untuk memacu Sales tingkat bawah yg bergaji
kecil, tapi karena target terlalu besar tak ada lagi kata insentif, tak ada
lagi semangat kerja karena sekeras2nya berusaha target tak akan sampe 80% dan
berarti tak ada insentif, tak ada lagi gairah, hanya si HOA tiap bulan harus
rela menyisihkan sebagian gaji untuk sekedar makan makan nasi bungkus untuk
menghibur karyawannya yg sudah bekerja keras. Sejak target naik 10M, ada 2
bulan insentif yg didapat namun dijanjikan dibayar setahun kemudian, tak apalah
itu untuk menghibur anak2 saja, saya sudah cukup dengan gaji dan kesederhanaan
keluarga saya, begitu kata beliau.
wah,memprihatinkan
BalasHapusBener bgt gan...
BalasHapuswah...bener gak y, masalahnya besok saya ada panggilan kerja di PT ATRI sebagai IT Programmer.
BalasHapusjadi ragu ni..
Sekarang cuma ada 1 pilar aja pak,..just HOA,..HOC dan HOW ngikut,..Tapi ini spekulasi juga menurut saya,..saya sebagai eks HOC & HOW (rangkap jabatan) merasa jika HOA-nya bener2 jualan jujur, HOC dan HOW akan merasa aman,..tapi bagaimana jika sebaliknya?HOA asal naikin credit limit demi target?jualan dgn konsinyasi? HOC tidak berkutik,..dan ujung2nya jika outstanding dan gagal bayar, HOC juga dimintai pertanggung jawaban,..
BalasHapusbener nihhh????.. besok gue mau intervew di atri bag sales. order ... aduh jadi bingung...
BalasHapusMaaf mas.apa situ udh kerja jd sales order di PT atri skrg?dr proses interview biasanya diberi berapa hari ya?soalnya saya takut ngarep ngarep klo nunggu kelamaan hehe.
Hapusapakah pt ini ada kaitannya dgn pt. atri express ?
BalasHapussetiap di tempat kerja manapun pasti ada + dan - nya.
BalasHapusBest Regards
Itulah nasib kerja d pt atri loyalitas harga mati salah sikit d caci maki tahunya hanya omset! Saya driver d pt ini merasa tak d perhatikan apalagi karyawan nya banyak penjilat suka menjelekan sesama karyawan
BalasHapusItulah nasib kerja d pt atri loyalitas harga mati salah sikit d caci maki tahunya hanya omset! Saya driver d pt ini merasa tak d perhatikan apalagi karyawan nya banyak penjilat suka menjelekan sesama karyawan
BalasHapusTerutama d pekanbaru atasanya egois tak ada sosial basa basi......
BalasHapuswaduh... apakah betul ini brader... saya akan interview untuk posisi hoa, jadi ragu
Hapusperkenalkan kami dari CV. Busco, menawarkan software khusus utk distributor yaitu Javos DMS. di sistem kami bisa berbagai macam setingan diskon. spt : Disount persentase, Discount value, Discount Barang atau free good. bisa per customer/barang/salesman. jika berminat hubungi 0852 1736 2008.
BalasHapushmm jadi ragu,,,
BalasHapusKalo baru interview di PT ini.kira kira berapa lama dapet panggilan LG ya?berapa hari biasanya dkbri??sy melamar bagian sales TO.mhon infonya yg sudah Penh melamar..
BalasHapusHOA, HOW dan HOC itu apaan ya ?? Tolong kasih penjelasan nya gan dan sis
BalasHapushead of area (HOA) head of WArehouse (HOW) Head of control (HOC) #imho
Hapusada yg tau email resmi atri pusat ga..minta donk
BalasHapusProduknya apa aja ya...??
BalasHapusZenith
Hapussaya alumni atri thn 2009 tahun 2009 atri sebagai vendor nokia indonesia pd 2012 nokia bangkrut sehingga ada phk besar2an sampe saat ini saya ga terima vaklaring dan persangon saya ga turun
BalasHapusYang Terhormat
BalasHapusPimpinan Perusahaan
Up. Purchasing dept / Import Dept / Marketing Dept.
Perihal : Penawaran Jasa Customs Clearence Import
Dalam kesempatan yang baik ini perkenankan kami,PT. FAJARINDO BUANA EXPRESS merupakan perusahaan International Freight Forwarder specialist di dalam bidang pengurusan barang import dan segala keperluan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, baik di area bandara maupun di pelabuhan seluruh nusantara.
Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan,
maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang diperlukan.
Product dan Services kami antara lain :
1. Customs Clearence Service
2. Sewa Bendera/ Under Name
3. Door To Door/ Service Dari Negara Asal
4. Trucking
5. Transfer EDI/ PIB
6. Borongan ( All-In )
Adapun daerah operasional perusahaan kami :
1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta
2. Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )
3. Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
4. Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
5. Pelabuhan Belawan ( Medan )
Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Servis lain yang terpilih, diperkuat dengan MOU bermaterai demi terciptanya suatu kepercayaan dan kekuatan Hukum bersama.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif atau biaya yang diperlukan untuk pengurusan Import, Expor, Door to Door, trucking dan biaya-biaya service lainnya yang kami sebutkan diatas, silakan menghubungi kami di Hotline Service kami :
Demikian surat perkenalan dan penawaran dari kami, atas perhatian Bapak/ Ibu kami ucapkan terima kasih.
Best Regards
RUDHY (Mr)
PT. FAJARINDO BUANA EXPRESS
Office : Jl. Raya Enggano No. 15 Jakarta Utara TJ. Priok Komplek Ruko Enggano Blok B/15 (PPJK)
Mobile : 0811182740 (Wa) 081296956554
Telp : 021- 4287 3779
Fax : 021- 4288 5177
Email : gm.import48@gmail.com
Saya alumni PT Atri risain Desember 2018, untuk area Sumut hampir semua sudah tutup, seperti yang di paparkan hampir persis...
BalasHapusHore akhirnya yg di ceritakan bapak ini benar, hampir semua cabang di Sumut arti pada tutup and banyak korupsi, eks BK
BalasHapus